Direvitalisasi Pemprov Jabar, Situ Jatijajar Dinilai Punya Potensi Besar untuk Depok

Proses revitalisasi Situ Jatijajar Depok
Proses revitalisasi Situ Jatijajar Depok

TIMESLINES,- Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jawa Barat) di tahun anggaran 2023 gelontorkan dana senilai Rp. 2,7 miliar guna merevitalisasi kawasan Situ Jatijajar Kota Depok.

Kedepan, kawasan Situ Jatijajar juga dinilai miliki potensi besar sebagai salah satu kawasan wisata lengkap di Kota Depok. "Potensi Situ Jatijajar cukup lengkap. Bisa dijadikan salah satu destinasi wisata dan cagar budaya di Kota Depok," ujar Anggota Komisi IV DPRD Jabar Hasbullah Rahmad, Selasa,(13/6)

“Saya pikir ini sudah paket lengkap yang harus kami promosikan juga kepada masyarakat luas,” tambahnya.

Revitalisasi Situ Jatijajar, kata Bang Has, sapaan akrab Hasbullah Rahmad bertujuan untuk meningkatkan nilai ekonomi dan kebudayaan serta melestarikan keberadaan situ di Kota Depok.

Namun, lanjut dia, pengelolaannya harus baik dari pemerintah. Bang Has menuturkan, dalam kepengurusan Situ Jatijajar kedepan perlu dibuatkan juga Memorandum of Understanding (MoU) antara Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Pemprov Jabar agar bisa mengelola oprasional.

“Ini kalau sudah dibangun harus dipelihara dan harus ada yang menjaga, Saya kira Pemprov bisa berkolaborasi dengan pokdarwis setempat,” ucap Hasbullah Rahmad.

Terpisah, Humas Pokdarwis Kelurahan Jatijajar Eko Budi.A mengapresiasi kunjungan kerja atau kungker yang dinilai sebagai wujud peduli DPRD Provinsi terhadap Situ Jatijajar.

"Sangat mengapresiasi kungker dari DPRD Provinsi Jabar di lokasi situ yang sekarang dalam proses revitalisasi ini," kata Eko.

Sebagai perwakilan rakyat dari Kota Depok, Pokdarwis juga berharap Bang Hasbullah bisa terus berupaya mendorong Situ Jatijajar jadi potensi wisata yang lebih baik dengan disokong kucuran dana dari Provinsi Jabar dan lainya.

"Kami berharap bang Has bisa terus mendorong potensi yang ada di situ ini serta membantu terwujudnya MoU antara kami dengan Pemprov untuk maksimalkan kerja Pokdarwis menjaga mengelola memelihara keasrian Situ Jatijajar," harapnya.

Revitalisasi Situ Jatijajar Tapos, Depok yang ditarget akan selesai pada Agustus tahun 2023 kini masih dalam proses pengerjaan dengan bobot progres mencapai 60 persen.

Proyek tbersumber dana dari Pemprov Jabar itu di kerjakan oleh PT. Arin Anugerah dengan nilai kontrak senilai Rp.2.775 miliar di bawah pengawasan konsultan supervisi CV. Multi Karya Mandiri dengan masa waktu pelaksanaan kerja 180 hari kalender.

You have not selected any widget for this sidebar.

Baca Juga