Pemerintah Diminta Tindak Tegas Oknum Sabotase Kebakaran Kilang

Kebakaran kilang minyak Balongan beberapa waktu lalu
Kebakaran kilang minyak Balongan beberapa waktu lalu

TIMESLINE - Untuk menghindari spekulasi penyebab kebakaran kilang minyak Cilacap pekan lalu, anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto minta Pertamina bersama dengan pihak Kepolisian segera memberi penjelasan resmi kepada masyarakat.

Isu ini jangan dibiarkan berkembang terlalu luas, sehingga akar masalahnya menjadi kabur.

Mulyanto minta Pertamina membuka semua informasi terkait penyelidikan penyebab kebakaran itu, termasuk bila ditemukan adanya indikasi sabotase.

“Bila dalam proses penyelidikan ditemukan petunjuk adanya sabotase, dan pelakunya adalah orang dalam, maka Pertamina harus menyerahkan pelakunya ke jalur hukum" tegas Mulyanto.

"Pertamina harus terbuka dan berani mengungkap apa benar kebakaran itu ada hubungannya dengan upaya pihak tertentu yang ingin melanggengkan impor BBM,” tambahnya.

Mulyanto mendesak Pertamina membantu Kepolisian mengusut siapa aktor intelektual dan motif yang ada di belakangnya, agar penyelidikan dapat dilakukan secara cermat dan obyektif.

“Kilang BBM ini aset Nasional strategis dan terkait dengan ketahanan energi Nasional. Mereka yang merusak atau menyabotase aset Nasional strategis tentunya harus dihukum berat. Ini menyangkut soal keamanan Nasional,” tegas Mulyanto.

Mulyanto sendiri menegaskan dirinya tidak ingin berspekulasi mengenai penyebab kebakaran kilang minyak Cilacap ini.

Selanjutnya 1 2
Penulis:

You have not selected any widget for this sidebar.

Baca Juga