Ratusan Warung Warga Pedagang Kecil Direnovasi Pemkab Sidoarjo

Ini penampakan salah satu warung milik warga di Desa Sarirogo, Kecamatan Sidoarjo usai direnovasi Pemkab Sidoarjo.
Ini penampakan salah satu warung milik warga di Desa Sarirogo, Kecamatan Sidoarjo usai direnovasi Pemkab Sidoarjo.

TIMESLINE - Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo telah merenovasi ratusan warung milik warga setempat yang dinilai kurang layak dan memadai.

Renovasi warung tersebut sebagai wujud nyata keseriusan Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor - Subandi memperhatikan nasib warganya, terutama para pedagang kecil.

Sebagaimana diungkapkan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Sidoarjo, Mohamad Edi Kurniadi melalui Kepala Bidang Pengembangan Usaha Mikro, Shanti Wahyu Anggraini, 2022 ini, pihaknya merenovasi sekitar 400-an warung milik warga yang tersebar di enam kecamatan, yakni Sedati, Krian, Sidoarjo, Tanggulangin, Tulangan dan Candi.

"Terbagi 51 warung di Kecamatan Sedati, 75 di Krian, 75 di Sidoarjo, 60 di Tanggulangin, 69 di Tulangan dan 75 di Candi," sebutnya pada TIMESLINE, Rabu, 30 November 2022.

Lebih lanjut, Shanti menjelaskan, ada beberapa kriteria warung yang direnovasi menggunakan dana APBD itu, diantaranya: status kepemilikan warung hak milik warga bukan sewa atau aset, pemilik warung bukan dari kalangan ASN, TNI/Polri dan diutamakan keluarga korban Covid-19.

"Pagu renovasi setiap warung Rp5 juta dipotong pajak. Renovasi meliputi perbaikan dinding, lantai, daun pintu, sanitasi dan pengecatan," sambungnya.

Kemudian, Shanti menambahkan, program renovasi warung bakal dilanjutkan 2023 mendatang. Jumlah warung yang direnovasi pun tak beda dengan tahun ini.

"Tahun depan, renovasi warung masih berlanjut. Jumlahnya sama, 400-an warung," pungkasnya.

Menurut data, berikut ini pelaksana proyek renovasi 400-an warung yang digelar Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Sidoarjo TA 2022, berlokasi di enam kecamatan: Sedati (CV KJ Sidoarjo, Rp241 juta), Krian (CV CB Sidoarjo, Rp288 juta), Sidoarjo (CV MLU Sidoarjo, Rp315 juta), Tanggulangin (CV BM Sidoarjo, Rp250 juta), Tulangan (CV FC Sidoarjo, Rp276 juta) dan Candi (CV Gt Sidoarjo, Rp306 juta).***

Penulis:

You have not selected any widget for this sidebar.

Baca Juga