Terbukti Terjerat Korupsi, Sederet Ketua DPR ini Bikin Malu Bangsa!

TIMESLINE - Menilai kinerja pejabat Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang paling utama adalah ditilik dari sifat amanahnya. Artinya, sosok tersebut haruslah orang yang bersih dan tak pernah masuk dalam pusaran korupsi.

Keterlibatan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin dalam kasus korupsi kemarin menjadi sebuah pembelajaran. Publik tak perlu keras menyindir soal remeh temeh, seperti mematikan mic atau menolak interupsi yang kadang perlu dalam situasi tertentu.

Yang seharusnya menjadi pembelajaran adalah ketika pejabat DPR tersandung kasus korupsi. Mereka ini harusnya menjadi nama yang di-blacklist dalam panggung politik.

Publik diharapkan tak mudah memberikan “kesempatan kedua” bagi mereka yang terbukti merampok uang rakyat.

Berikut ini nama-nama pimpinan DPR dalam sejarah yang terbukti melakukan tindakan korupsi:

Azis Syamsuddin

Azis menjadi tersangka kasus suap terhadap bekas penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Robin Pattuju, guna mengurus penanganan kasus dugaan korupsi Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Lampung Tengah.

Suap tersebut ditengarai untuk mengurus penanganan dugaan kasus korupsi Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Lampung Tengah tahun 2017, yang menyeret nama Azis. KPK menyebut Azis menyuap Robin sebesar Rp3,1 miliar dari komitmen Rp4 miliar yang dijanjikan.

Yang menyedihkan, bukan kali ini saja nama Azis Syamsuddin terseret dalam pusaran dugaan kasus korupsi. Dia tercatat pernah disebut-sebut dalam lima kasus korupsi berbeda. Namun Azis, yang merupakan politisi asal daerah pemilihan Lampung Tengah II, selalu berhasil lolos dari jeratan hukum.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis:

You have not selected any widget for this sidebar.

Baca Juga